Pertemuan 5


MENGEMBANGKAN  STRATEGI  INSTRUKSIONAL/PEMBELAJARAN

            Istilah pengembangan sistem instruksional (instructional system design) dan disain instruksional (instructional design) sering dianggap sama. “disain” berarti membuat sketsa atau pola atau outline atau rencana pendahuluan “mengembangkan” berarti membuat tumbuh secara teratur untuk menjadikan sesuatu lebih besar, lebih baik, lebih efektif, dan sebagainya.
                Berbagai macam model pengembangan pembelajaran dikembangkan dengan tujuan :
1. Mudah dikomunikasikan kepada calon pemakai, baik guru maupun para pengelola pendidikan
2. Memperlihatkan tugas-tugas utama yang harus dikerjakan untuk pengelolaan pembelajaran
3. Memperlihatkan struktur semacam matrix antara tujuan belajar dan strategi belajar yang dapat dibandingkan antar satu dengan yang lainnya.
Montemerlo dan Tennyson (1976) menyatakan adanya 100 buah model pendekatan sistematik dalam pembelajaran ini. Andrews dan Goodson (1980) mengkaji 40 buah model lain lagi. Menurut Logan (1982:5) timbulnya model yang banyak ini disebabkan :
1. Para ahli pendidikan menganggap situasi yang dihadapinya khusus, sehingga perlu pendekatan khusus
2. Kurangnya usaha untuk memvalidasikan model sehingga ada keraguan untuk menerapkan model orang lain
3. Adanya ketidakpercayaan atau persaingan akademik di antara para ahli yang merasa dirinya ahli dalam bidang pengajaran
4. Adanya model-model yang bersifat luwes sehingga bagian-bagiannya dapat diubah atau dikembangkan lebih lanjut yang akan melahirkan model baru.
5. Adanya model-model yang menghendaki latar dan persyaratan khusus.
            Model desain pembelajaran yang paling sederhana meliputi empat langkah Hamreus (1970) dan DeCecco (1968), sedangkan model yang paling terperinci adalah model Abedor (1971) yang terdiri dari 60 langkah yang disebut “Maxi Model”. Semua model itu mengandung langkah dasar yang sama, yaitu model umum sibernetik (cybernetics) yang dikemukakan oleh (Banathy:1968).
            Dari berbagai model tersebut diatas, yang terpenting adalah aplikasi sebuah model dalam sebuah pembelajaran, sehingga tujuan akhir suatu sistem instruksional, yaitu materi dan strategi belajar mengajar yang dikembangkan secara empiris yang secara konsisten telah dapat mencapai tujuan instruksional tertentu.
Pengembangan instruksional adalah cara yang sistematis dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi seperangkat materi dan strategi yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Twelker,1972).
            Hasil akhir dari pengembangan instruksional ialah suatu sistem instruksional, yaitu materi dan strategi belajar mengajar yang dikembangkan secara empiris yang secara konsisten telah dapat mencapai tujuan instruksional tertentu.
                           pengembangan.html

MENGEMBANGKAN DAN MEMILIH BAHAN INSTRUKSIONAL
Langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran
1.        Meninjau strategi pengajaran untuk setiap tujuan dalam setiap pelajaran.
2.        Survei literatur dan bertanya kepada ahli bidang study untuk menentukan bahan pengajaran apa yang sudah tersedia.
3.        Pertimbangkan bagaimana anda dapat mengadopsi atau mengadaptasi bahan-bahan yang tersedia.
4.        Menentukan apakah bahan-bahan baru harus dirancang. Jika demikian, lanjutkan ke langkah Jika tidak, mulai mengatur dan menyesuaikan bahan-bahan yang tersedia, dengan menggunakan strategi pengajaran sebagai panduan.
5.        Periksa analisis peserta didik dan untuk setiap pelajaran, mempertimbangkan peran instruktur dalam memfasilitasi instruksi dan menentukan sejauh mana anda ingin instruksi untuk diri sendiri atau kelompok-berjalan mondar-mandir.
6.        Periksa analisis konteks pembelajaran dan asumsi-asumsi anda tentang sumber daya yang tersedia untuk mengembangkan bahan. Mempertimbangkan kembali sistem penyampaian dan media yang dipilih untuk mempresentasikan bahan-bahan, untuk memantau praktik dan umpan balik, untuk mengevaluasi, dan untuk meningkatkan memori pelajar dan transfer.
7.        Rencana dan menulis bahan-bahan pengajaran berdasarkan strategi pengajaran dalam bentuk draf. Anda akan takjub melihat betapa tongkat ilustrasi angka-angka dan kasar dapat membawa ide-ide anda untuk hidup untuk sidang pertama. Cetak, visual, atau materi auditori dalam bentuk kasar ini akan memungkinkan anda untuk memeriksa urutan, aliran ide, ketepatan ilustrasi ide, kelengkapan, kecepatan, dan seterusnya. Buatlah seperangkat bahan kasar selengkap mungkin cukup untuk setiap aktivitas instruksional.
8.        Periksa setiap selesai pelajaran atau sesi belajar untuk kejelasan dan aliran ide.
9.        Menggunakan satu unit instruksional yang lengkap, tulis instruksi yang menyertainya untuk membimbing para siswa melalui kegiatan jika diperlukan.
10.    Menggunakan bahan-bahan yang dikembangkan di pertama ini tidak mahal, konsep kasar, mulai kegiatan evaluasi. Bab 10 memperkenalkan dan membahas prosedur dan kegiatan untuk mengevaluasi dan merevisi bahan pengajaran.
11.    Anda mungkin juga mengembangkan bahan-bahan untuk instruktur manual saat anda pergi bersama-sama atau anda dapat membuat catatan ketika anda mengembangkan dan merevisi presentasi dan kegiatan instruksional. Menggunakan catatan, anda dapat menulis panduan instruktur kemudian.
Diadaptasi dari : http://kuliahemka.wordpress.com/category/model-dick-carey/ diakses minggu 20 nopember 2011 jam 07.03 WIB

0 komentar:

Posting Komentar